Rabu, 28 Februari 2024

BEST PRACTICE PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR SURAT PRIBADI DAN RESMI

 PENDAHULUAN

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara mengenai kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur surat pribadi dan dinas di sekolah kami masih rendah. Salah satu penyebab dari rendahnya kemampuan tersebut adalah dari pendidik yang masih mendominasi dalam pembelajaran. Masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Peserta didik hanya sebagai pendengar dan pencatat apa yang disampaikan oleh pendidik sehingga peserta didik pasif dalam pembelajaran. Pendidik harus berusaha untuk menemukan cara agar pembelajaran Bahasa Indonesia dapat berhasil sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penerapan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik perlu digunakan dalam pembelajaran. 

Salah satu pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik adalah pembelajaran kooperatif. (cooperative learning). Menurut Slavin dalam Sereleciouz (2021)Berbagai model pembelajaran di mana para siswa bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari berbagai tingkat prestasi, jenis kelamin, dan latar belakang etnik berbeda. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).


PEMBAHASAN

Menurut Jumakir model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) merupakan suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab atas tugas kelompoknya, sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dan siswa yang lain dalam satu kelompok untuk saling memberi dan menerima antara satu dengan yang lainnya.Sintagmatik model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) adalah sebagai berikut. Fase pertama yaitu penomoran. fase kedua mengajukan pertanyaan, fase ketiga berpikir bersama, fase keempat menjawab, fase kelima penilaian dan pemberian tanggapan, fase keenam pemberian kesimpulan, dan fase ketujuh evaluasi.

Pembelajaran menganalisis struktur surat pribadi dan dinas dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) merangsang peserta didik untuk aktif dalam  pembelajaran  terlihat dari proses diskusi kelompok dan pada saat pendidik mengajukan pertanyaan. Peserta didik berusaha untuk dapat menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan pendidik. Bahkan apabila dari kelompok lain tidak dapat enjawab pertanyaan yang diajukan pendidik kelompok lain berusaha menjawabnya. Pembelajaran menjadi semakin hidup, apabila pendidik tidak dapat mengorganisasikan waktu dengan baik akan terlena.

Pembelajaran menganalisis struktur surat pribadi dan resmi dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di kelas VII A SMP Negeri 4 Randudongkal sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur surat pribadi dan resmi. Persentase perolehan hasil belajar melalui asesmen sumatif diperoleh dari 34 peserta didik 32 di antaranya memperoleh nilai di atas KKTP atau  94,1% dan 2 peserta didik masih memperoleh nilai di bawah KKTP atau 5,9%.

SIMPULAN

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran menganalisis struktur surat pribadi dan resmi berhasil meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran. Peningkatan kemampuan menganalisis struktur surat pribadi dan dinas menunjukan peningkatan yang signifikan. Dalam proses pembelajaran peserta didik juga aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran sehingga kelas menjadi hidup dan proses pembelajaran dapat berhasil sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu peserta didik mampu menganalisis struktur surat pribadi dan resmi dengan tepat dan benar.


DAFTAR PUSTAKA

Dewayani, Sofie, Rakhma Subarna, C. Erni Setyowati, 2021. Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: kemdikbud.

Jumakir. 2021. Model Numbered Head Together (NHT) https://www.kangjo.net/berita/detail/model-numbered-head-together-nht

Diakses 24 Februari 2024


Seleliciouz. 2021.Model Pembelajaran Kooperatif – Pengertian, Metode, Contoh

https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/model-pembelajaran-kooperatif/. 22 Februari 2024

Oleh:
Wiwin Nur Azizah, S.Pd.
Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 4 Randudongkal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar