Jumat, 16 Februari 2024

BEST PRACTICE : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN GAMBAR BERSERI


PENDAHULUAN

Peserta didik masih banyak yang belum mampu menulis teks berita dengan struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat. Kondisi yang menjadi latar belakang masalah tersebut adalah pendidik masih menggunakan metode ceramah, masih mendominasi pembelajaran, peserta didik belum menjadi pusat pembelajaran, dan belum menggunakan model, dan media yang menarik, serta belum terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan. 
Seorang pendidik yang profesional diharuskan memiliki kemampuan dalam mengelola pembelajaran mulai dari merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Ada beberapa jenis model maupun media pembelajaran yang dapat digunakan. Inovasi pembalajaran yang dipilih pendidik untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita adalah model Project Based Learning (PjBL) berbantuan gambar berseri. 
Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sisntesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. (Daryanto dalam Jumakir 2022:1)

PEMBAHASAN

Inovasi dan pelaksanaan praktik baik pada peningkatan kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita dengan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan gambar berseri sangat sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Adapun tahapan  pelaksanaan pembelajaran adalah sebagai berikut : a) kegiatan pendahuluan meliputi pendidik mengucap salam, peserta didik dan pendidik berdoa bersama, mengecek kehadiran, mengecek kesiapan belajar, menyampaikan pertanyaan pemantik, tujuan dan manfaat pembelajaran, serta  melakukan ice breaking. b) kegiatan inti pembelajaran, pendidik menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan gambar berseri dengan langkah yang pertama menayangkan sebuah video dan teks berita sesuai dengan gaya belajar peserta didik kemudian mengajak peserta didik untuk merencanakan dan mengelola waktu  penyelesaian produk dengan berdiskusi. Beberapa kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan. Dilanjutkan peserta didik dan pendidik menyimpulkan hasil pembelajaran. c) kegiatan penutup pendidik dan peserta didik menyimpulkan, mengevaluasi dan merefleksi pembelajaran. Untuk mengukur ketercapaian kemampuan menulis teks berita pendidik memberikan penugasan individu. Pendidik menutup pembelajaran dengan doa dan salam.

Menulis teks berita menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan gambar berseri meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran tersebut. Dari 34 peserta didik mendapat nilai di atas KKTP 88,2% atau 30 peserta didik, sedangkan 4 peserta didik atau 11,8% memperoleh nilai di bawah KKTP.

Berdasarkan hasil pengamatan, aktivitas pembelajaran menulis teks berita menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan gambar berseri sudah berjalan dengan baik karena peserta didik mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai sintaksnya. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik dalam pembelajaran menulis teks berita adalah asesmen for learning, meliputi asesmen observasi dan proyek secara individu. Asesmen observasi dilakukan untuk mengetahui sikap peserta didik yang meliputi sikap peserta didik saat pembelajaran. Asesmen proyek secara individu digunakan untuk mengukur ketercapaian penilaian pengetahuan.

SIMPULAN

Penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita. Peningkatan kemampuan menulis teks berita dengan model tersebut menunjukan hasil yang baik dan signifikan. Peserta didik mengikuti proses pembelajaran dengan baik, bahkan sangat antusias. Pemanfaatan media gambar berseri menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta didik. Mereka termotivasi untuk segera menyelesaikan dengan mengembangkan kalimat-kalimat sesuai dengan gambar berseri tersebut. 

DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, Yogi, Dion Ginanto, Nisa Felicia, Ardanti Andiarti, Indriyati Herutami, Leli Alhapip, Setiyo Iswoyo, Yayuk Hartini, Rizal Listyo Mahardika. 2022. Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: Kemdikbud

Dewayani, Sofie, Rakhma Subarna, C. Erni Setyowati, 2021. Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: kemdikbud

Jumakir. 2022. Project Based Learning (PjBL) atau Metode Pembelajaran Berbasis Proyek. Diakses 5 Februari 2024 pada https://www.kangjo.net/berita/detail/project-based-learning-pjbl-atau-metode-pembelajaran-berbasis-proyek

Nurhasanah, Siti, Agus Jayadi, Rika Sa’diah, Safrimen. 2019. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Edu Pustaka.

Oleh:
Wiwin Nur Azizah, S.Pd.
Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 4 Randudongkal
wiwinna1984@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar